Minggu, 19 Desember 2010

INDONESIA NEGERI BENCANA

INDONESIA NEGRI BENCANA


Mungkin ada banyak orang yang beranggapan bahwa indonesia merupakan negeri bencana, karena beberapa waktu ke belakang begitu banyak bencana alam yang terjadi di bumi pertiwi ini, seperti tsunami di mentawai, longsor di wasior. Dan yang masih hangat hingga saat ini adalah meletusnya gunung merapi. Yang letusannya merupakan letusan terdahsyat yang pernah ada. Dan begitu banyak menelan korban meninggal dunia dan luka-luka. Belum lagi kerugian secara ekonomis yang mencapai jutaan bahkan triliunan, mereka kehilangan tempat tinggal dan harta benda yang selama ini mereka dapatkan dengan susah payah. Dan yang di khawatirkan saat ini adalah gunung-gunung berapi di Indonesia kini aktifitasnya mulai meningkat. Seperti gunung bromo dan gnung anak krakatau.

Merapi memang meletus 4 tahun sekali. Namun banyak penduduk yang tinggal di lereng-lereng dengan alasan tanah di sana lebih subur dan cocok untuk bertani, memang semua itu sangat menguntungkan bagi para petani namun sewaktu-waktu dapat menjadi ancaman bagi kehidupan mereka.

Indonesia memang merupakan negara yang memiliki tanah yang subur dan sangat cocok untuk becocok tanam. Ditanami pohon apaun pasti akan tumbuh. Itulah kekayaan dan kelebihan indonesia yang dibanggakan oleh banyak negara di belahan dunia.
Namun pada kenyataannya indinesia juga rentan dengan berbagai bencana. Setiap tahun banyak tercatat bencana yang terjadi baik bencana alam maupun bencana akibat ulah manusia.

Bencana alam juga dapat diakibatkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab karena telah mengeksploitasi alam secara berlebih-lebihan. Mereka hanya mementingkan kepentingan ekonomi mereka saja tanpa memperdulikan keselamatan bumi.
Kini alampun rusak karenanya. Hutan-hutan di indonesia kini sudah semakin berkurang, akibatnya ibu kota jakarta selalu terkena imbasnya dengan terkena banjir kiriman disetiap musim penghujan.

Bumi kinipun sudah semakin panas karena lapisan ozon yang kini sudah semakin menipis dan akibatnya terjadi global warming, yang menyebabkan bongkahan es di kuub utara mencair dan siap untuk merendam sebagian pulau jawa. Dan kini indonesiapun terkena dampak dari global warming, yaitu cuaca yang tidak menentu. Musim panas di saat musim hujan dan sebaliknya.

Sekarang sudah banyak gerakan Go Green sebagai wujud kepedulian untuk melindungi dan menyelamatkan bumi. Kebanyakan dari mereka adalah para pelajar dan mahasiswa. Ini merupakan hal sangat positif dan patut untuk dicontoh. Karena hal sekecil apapun yang kita lakukan itu dapat menyelamatkan bumi kita ini.

Mungkin karena itulah indonesia selalu terkena bencana. Karena ulah manusia itu sendiri yang serakah. Alam ini merupakan titipan dari tuhan dan sudah sepatutnya kita untuk menjaga dan memeliharanya, dan memenfaatkannya dengan segala batasan dan aturan-aturan hukum yang telah ditetapkan,
Mari sama-sama kita menyelamatkan bumi untuk menyelamatkan kehidupan anak cucu kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar