Minggu, 19 Desember 2010

Mnajemen Diri Sendiri (sukses mencapai cita-cita)

Manajemen Diri Sendiri (Sukses Mencapai Cita-cita)



Untuk menjadi orang sukses memang banyak yang dapat dilakukan dengan cara belajar dan menuntut ilmu, beljar dengan sungguh-sungguh namun ada yang lebih penting dari semua itu yaitu memenej diri sendiri, atau manajemen diri sendiri, dengan cara ini segala hal dan kegiatan kita dapat diatur sebaik mungkin dan waktupun tidak terbuang dengan sia-sia karena setiap kegiatan yang kita lakukan dapat bermanfaat untuk masa depan.
Kadang kita membuang-menbuang waktu dengan suatu hal yang tidak bermanfaat sama sekali. Semua itu dapat menghambat langkah kita menuju kesuksesan. Mungkin selama ini kita merasa waktu kita sangatlah terbatas dan tidak dapat melakukan suatu hal yang lain. Semua itu dapat di tampik. Kita dapat melakukan aktivitas yang biasa kita lakukan dan melakukan hal lain degan baik asal kita dapat mengatur waktu sabaik mungkin.
Seperti hal diatas untuk mencapai suatu kesuksesan langkah pertama adalah kita harus memenej diri seperti halnya melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Missal anda sorang mahasiswa maka tugas pokok anda adalah belajar dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan IP yang terbaik, dan janganlah terpengaruh dengan hal-hal yang negative yang tidak bermanfaat bagi anda, karena semua itu hanya akan membuang-buang waktu anda untuk belajar dan mengerjakan tugas.
Dan dalam segi keuangan juga kita harus dapat memenejnya maka dari itu rajin-rajinlah menabung karena dengan menabung dapat menjamin masa depan anda nantinya.
Maka menentukan prioritas sangatlah penting di setiap waktu, agar waktu anda tidak terbuang dengan hal-hal yang penting.
Vilfredo pareto seorang pakar ekonomi yang mengembangkan konsep saat belajar efisiensi ekonomi dengan joseph M. juran pemikir manajemen bisnis. Ia mengemukakan sebuah prinsip yaitu prinsip pareto, prinsip pareto merupakan metode mengisolasi waktu, uang aktifitas atau prioritas sedemikian rupa sehingga anda mampu mengemukakan semua itu di kemudian hari.
Prinsip itu dikenal dengan 80/20. menjelaskan rasio antara satu hal kepada hal lainnya.
Contohnya 20% pekerjaan anda akan menciptakan 80% hasil, 20% uang anda akan menghasilkan 80% keuntungan. Prinsip pareto di ats dapat kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari agar kita dapat memenej diri, waktu, dan uang dengan sebaik mungkin, dan meraih hasil yang maksimal untuk mencapai kesuksesan.
Ingat bahwa musuh terbesar di dunia ini adalah diri kita sendiri, maka janganlah bermalas-malasan taklukan dunia dengan segala kemampuan anda yang luar biasa.




Referensi : Buku Redaksi Bisnis Plus Edisi 39

Tidak ada komentar:

Posting Komentar