Minggu, 19 Desember 2010

Manajemen Belajar Di Perguruan Tinggi

NAMA : Desy Dwi Jayanti
Kelas : IEB04
NPM : 21210864

MANAJEMEN BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI

belajar di perguruan tinggi merupakan suatu kebanggaan sendiri bagi setiap orang, karena tidak semua orang dapat duduk di bangku kuliah untuk menuntut ilmu lebih tinggi. Kecuali bagi mereka yang mempunyai kemauan untuk maju dan sukses di masa depan, dan juga keberuntungan secara materil.
Belajar di perguruan tinggi kita harus mengikuti berbagai peraturan-peraturan yang telah diterapkan perguruan tinggi tersebut.jika kita melanggar tentunya mahasiswa tersebut akan mendapat sanksi. Maka dari itu kita harus menjadi mahasiswa yang disiplin dan patuh terhadap peraturan yang berlaku selama menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut, seperti mahasiswa harus tepat waktu dating ke kelas, karena ketepatan dan keterlambatan kita menentukan kepribadian diri. Dengan ketepatan waktu datang ke kelas kita dapat mempersiapkan diri untuk belajar lebih semagat dan tidak membuat dosen jera karena keterlambatan kita.
Kemudian kita harus lebih aktif pada saat belajar, missal memberikan pertanyaan kepada dosen apa yang belum kita ketahui. Jangan berdiam diri kerena itu akan menyebabkan keterlambatan pengetahuan karena kemalasan kita untuk bertanya. Ingatlah malu bertanya sesat di jalan,
Belajar di perguruan tinggi lebih banyak mendengarkan dibandingkan mencatat, maka dari itu mahasiswa harus lebih fokus ketika sedang belajar. Jangan mengobrol dan bermain-main karena itu akan merugikan diri sendiri dan tertinggal dengan yang lain. Sehingga saat mahasiswa ditanya oleh dosen dia tidak tahu apa-apa karena tidak menyimak apa yang telah dosen sampaikan. Karena dosen tidak akan menyampaikan lebih sering atau mengulang-ulang, dan waktu yang sangat singkat membuat dosen tidak memberikan banyak materi, sebagai tambahan dosen akan memberikan foto copy materi dan tu sangat penting untuk dipelajari. Maka dari iru pergunakanlah waktu sebaik mungkin.
Absensi kelas biasanya juga dapat menentukan nilai bagi mahasiswa fungsinya dapat mennjang nilai mahasiswa yang jeblog maka dari itu sebisa mungkin mahasiswa jangan sering bolos. Walaupun bolos sebisa mungkin jangan Alfa, tetapi sakit atau izin sehingga dosen dapat memaklumi dan jangan lupa beri surat keterangan untuk menandakan bahwa mahasiswa tersebut benar-benar tidak dapat hadir.
Belajar di perguruan tinggi kadang-kadang tidak terpaku oleh buku, tetapi kita terpaku oleh dosen. Dosen merupakan sumber pengetahuan kita, jika dosen memberikan catatan maka catatlah banyak ataupun sedikit kita harus mencatatnya karena semua catatan itu dapat menjadi bahan untuk quis atau bahan soal untuk Ujian Tengah Semester.
Untuk menjadi mahasiswa yang disiplin memang tidaklah sulit cukup dengan mematuhi segala peraturan yang telah diterapan oleh perguruan tinggi tersebut. Karena semua itu menunjukan kepribadian mahasiswa untuk menjadi orang yang sukses di kemudian hari, kita belajar di perguruan tinggi merupakan sebuah pilihan hidup yang sangat besar, maka pergunakanlah waktu anda sebagai mahasiswa yaitu dengan belajar sungguh-sungguh dan jangan hanya ingin mendapat gelar sarjana saja tetapi ilmu nya tidak ada. Itu merupakan suatu kerugian hidup yang amat besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar