Selasa, 22 Maret 2011

KEKAYAAN ALAM DAN KEMAKMURAN INDONESIA

indonesia merupakan negara yang terkenal dengan sumber daya alam nya yang melimpah ruah. tanah nya yang subur membuat negara indonesia sebagai negara agraris yang 60% penduduknya bertani, dan hasilnya pun sangat melimpah, seperti rempah-rempah, sayuran dsb.

Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di lereng-lereng pegunungan mereka sangat memanfaatkan kesuburan tanah di sana. Karena tanaman apapun yang mereka tanam di sana pasti akan tumbuh subur.

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan alamnya, namun kekayaan alam itu tidak kita nikmati sendiri. Melainkan di nikmati oleh para Investor-investor luar negri, dimana pemerintah indonesia telah membuat kontrak SDA yang ada, sehingga kita tidak dapat menikmati sumber daya alam indonesia yang begitu melimpah,
Dan lebih ironisnya, setelah kontrak itu habis, pemerintah indonesia malah memperpanjang kontrak tersebut, sungguh disayangkan. Mungkin inilah penyebab mengapa negara indonesia banyak masyarakatnya yang hidup di bawah garis kemiskinan.
Kekayaan alam dan SDA yang melimpah di indonesia seharusnya menjadi tambang perekonomian bagi masyarakatnya, dan menjadikan indonesia sebagai negara yang maju dengan pendapatan perkapita di atas rata-rata. Karena kekayaan alamnya, namun pada kenyataannya saat ini indonesia dikategorikan sebagai negara berkembang, dengan pendapatan perkapita 3.300 U$. Dan sampai saat ini belum ada kemajuan yang menonjol.

Sesama makhluk hidup memang saling membutuhkan satu sama lain. Seperti halnya manusia yang membutuhkan alam untuk kelangsungan hidupnya, maka dari itu mereka memanfaatkan sumber daya alam yang ada, namun terkadang manusia mengeksploitasi alam secara berebihan. Sehingga alam ini pun rusak akibat dari kerakusan manusia terhadap alam demi kebutuhan ekonomi.

seharusnya manusia dan alam dapat hidup secara seimbang dengan cara memanfaatkan dan melestarikannya bukan hanya sekedar memanfaatkannya secara berlebihan, dengan begitu keharmonisan antara alam dan manusia pun tercipta sehingga kekayaan alam kita tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar