Kamis, 11 November 2010

KAWASAN INDUSTRI DI PEDESAAN

Kawasan Industri atau Lingkungan produksi merupakan suatu wilayah dimana banyak dijumpai perusahaan-perusahaan dan mempunyai peluang-peluang ekonomi bagi angkatan kerja.

kawasan produksi memang banyak kita jumpai di pusat kota, tetapi saat ini sebuah perusahaan dapt kita temui di sebuah Desa dengan bentuk Perseroan Terbatas (PT).
walaupun letaknya disebuah Desa. tetapi perseroan terbatas ini dapat berkembang pesat. disamping mudah mendapat banyak tenaga kerja karena tingkat ekonomi masyarakat desa rata-rata Bawah-menengah.

membangun sebuah perusahaan di suatu pedesaan tentunya sangat menguntungkan masyarakat sekitar, karena membuka lapangan kerja bagi masyarakat tanpa harus keluar kota, dapat mengurangi tingkat pengangguran, memajukan ekonomi masyarakat Desa dan dapat mengurangi tingkat kemiskinan yang kini telah melanda indonesia.
tidak hanya itu, banyak juga masyarakat yang membuka usaha kecil yaitu membuka warung makan untuk para karyawan yang akan meluangkan waktu istirahat untuk makan.
jadi wilayah tersebut memang sudah benar-benar menjadi kawasab industri membuka lapangan kerja dan melibatkan masyarakat sekitar sebagai produsen dan konsumen yang saling membutuhkan satu sama lain.

kawasan industri di desa kini mulai berkembnag, banyak para pengusaha yang membuka cabang-cabang perusahaan, bahkan ada perusahaan yang saling bekerjasama untuk menghindari terjadinya persaingan industri.
namun dengan di bangunnya perseroan terbatas di desa, terdapat sisi negatif, pasalnya para karyawan para karyawan yang sudah bekerja keras mendapat upah tidak sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan. dan yang lebih parah lagi adalah para karyawannya kebanyakan adalah anak-anak usia sekolah menengah pertama (SMP) yang seharusnya masih duduk di bangku sekolah. namun karena terhimpit ekonom dan wilayah mereka merupakan kawasan industri maka ia pun memilih untuk bekerja dibandingkan sekolah.
hal seperti itu sangat memprihatinkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar