Kamis, 27 Desember 2012

Penggunaan Software Akuntansi Dalam Bisnis Modern

Software akuntansi adalah salah satu bentuk aplikasi akuntansi yang dihasilkan oleh kecanggihan teknologi untuk membntu para pengusaha mendapatkan laporan terkini mengenai kondisi keuangan perusahaan. Penggunaan software akuntansi dalam bisnis modern juga berperan dalam pembuatan laporan keuangan dan keputusan arah kebijakan pemimpin usaha ke depannya. Mau dibawa kemana arah laju perusahaan bisa diketahui dari laporan keuangan yang dihasilkan dengan bantuan software akuntansi. 

Pada dasarnya, sistem laporan keuangan perusahaan ayang tidak tergantung kepada kinerja akuntan dan software akuntansi. Laporan keuangan yang valid dan akuntabel juga bisa dibuat secara manual dengan memperhatikan data-data laporan. Akuntan dituntut jeli dan teliti menyusun laporan dan memperhatikan keseluruhan aspek sistem akuntansi. Namun cara manual ini sudah tidak relevan dilakukan pada saat ini mengingat tantangan kerja yang makin kompetitif dan tuntutan jaman yang menuntut produktifitas tinggi. Keberadaan software akuntansi bisa menjawab kebutuhan sistem akunting yang andal, cepat dan tepat.

Apakah manfaat software akuntansi? Tugas apa saja yang bisa dijalankan oleh software akuntansi? Pada umumnya, software akuntansi berguna bagi kegiatan akuntansi   dalam hal pembuatan jurnal umum, neraca keuangan, laporan laba rugi, pembayaran gaji karyawan, pembuatan invoice (tagihan), mencetak invoice secara otomatis, struk pembayaran, form pembayaran pajak dan laporan pembayaran pajak. 
Selain fungsi tersebut, software akuntansi juga bisa dijadikan sebagai sistem pembayaran secara online, informasi cepat ketika terjadi pelunasan tagihan, maupun jadwal kerja para karyawan. 

      Sebelum menggunakan software akuntansi, ada baiknya anda mambaca panduan seputar penggunaan aplikasi akuntansi bagi kegiatan usaha anda. Jenis software akunhtansi sendiri ada banyak dijual melalui beragam vendor. Pastikan anda tahu beragam jenis software akuntansi sesuai skala usaha yang anda jalankan. Untuk bisnis kecil, menengah dan besar, masing-masing membutuhkan software akuntansi yang berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan laporan keuangan yang dibutuhkan.
       Selanjutnya, pilih perusahaan atau kelompok akuntan yang memiliki kredibilitas dalam penjualan software akuntansi untuk jenis usaha anda. 

        Hal yang tak kalah penting dalam memilih penjual software akuntansi adalah layanan konsumen after sales. Jangan sampai setelah anda membeli software akuntansi lalu putus kontak begitu saja dan staf akuntan anda belum paham detail software akuntansi yang dibeli. Buatlah perjanjian bahwa vendor penjual software akuntansi bersedia memberi bantuan teknis dan konsultasi selama beberapa bulan awal pemakaian. Akan lebih baik lai jika terdapat garansi tertulis dari agen bahwa software akuntansi tersebut tidak akan rusak dalam jangka waktu tertentu.  
            


Tidak ada komentar:

Posting Komentar